Menulis Arab di Windows XP menggunakan MS. Word


Tulisan ini saya posting karena pernah ada teman  yang  nanya “bisa gak ya kita nulis arab pake komputer ?” . Dengan gaya sok mikir akhirnya saya jawab “pasti bisalah, kalo gak bisa gimana coba orang arab sana mau nulis artikel atau surat”. Sambil manggut-manggut teman saya tadi balik nanya “lalu gimana caranya ya”.

“Sini saya tunjukin caranya” sambil menyalakan komputer dan mengotak atik control panelnya. “Jadi sebenernya pada OS windows emang udah diseting untuk digunakan dibelahan bumi manapun, jadi harus bisa juga dia menyesuaikan dengan keadaan setempat”.

Kalau biasanya kita menginstal windows seting bahasanya dan lokasinya pake USA or Indonesia pasti gak mungkin kita bisa menggunakan komputer kita untuk menulis arab. Tentunya harus ditambahkan seting ‘language-nya’. Sebelumnya siapkan dulu master OS windows kita untuk menambahkan komponen yang diperlukan untuk menginstal language bar arab. Nah untuk mengatur language bar ini pertama-tama kita buka Control Panel pada windows kita kemudian pilih Regional and Language.

Setelah itu akan muncul windows dibawah ini :

Pada tab Languages centang pilihan seperti gambar di atas lalu klik Apply maka komputer akan meminta kita memasukkan CD OS Windows kita. Masukkan CD-nya kemudian komputer akan restart.

Setelah komputer menyala kembali, kita akan seting keyboard kita agar bisa digunakan untuk menulis arab. Kita kembail ke Control Panel àRegional and Language à Tab Languages à Detail, maka akan muncul windows seperti di bawah ini :

Tambahkan seting keyboard dengan menekan tombol Add. Pilih Arabic (Saudi Arabia) untuk Input Language dan Arabic(101) untuk Layout Keyboard klik OK akan muncul Language baru pada kolom sebelah kiri selain English (US) kemudian klik Apply. Sekarang kita sudah bisa menulis arab di komputer kita. Gimana caranya ? Coba lihat pada taskbar sebelah kanan bawah. Pilih AR Arabic untuk mengaktifkan keyboard Arab kita.

Tetetereeeeet……! Sekarang kita bisa menulis Arab di komputer kita. Apabila ingin kembali menggunakan untuk tulisan latin, kita tinggal memilih kembali language bar ke pilihan ENG English. Supaya lebih mudah untuk menulis arabnya, sebaiknya kita membeli keyboard arab, tapi kalau terlalu susah mencari keyboard arab kita bisa membuatnya dengan menempelkan kertas yang telah di print sesuai dengan layout ke keyboard lama kita. Atau bisa juga kita menulis dengan On-screen Keyboard yang disediakan Windown pada menu AccessoriesàAccessibilyty seperti berikut :

Advertisements

One thought on “Menulis Arab di Windows XP menggunakan MS. Word

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.