Menampilkan Hidden File dalam Direktori


Terkadang kita kaget ketika kita membuka sebuah drive tampilannya kosong. Padahal ketika kita cek diproperties sebenarnya drive itu terisi beberapa file dan folder. Biasanya virus menyembunyikan folder atau file dan menggantinya dengan meletakkan nama file atau nama folder  yang sama tetapi dalam extensi  yang berbeda. Virus melakukan ini untuk mengelabuhi pengguna agar pengguna mengeksekusi  virus yang menggunakan nama folder atau file yang kita buat. Biasanya file-file yang sering diinfeksi oleh virus ini adalah file-file doc ataupun folder.

File hiden dapat dilihat ketika seting view hiden file pada folder option dinonaktifkan. Tetapi akan repot jika kita sering berpindah-pindah dengan menggunakan komputer berbeda yang menggunakan setingan view hiden file yang berbeda pula. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menampilkan kembali file hiden.

1. Menonaktifkan option hiden pada general seting properties file atau folder kita. Caranya klik kanan folder hiden kemudian pilih properties. Pada tab general kita hilangkan tanda centang pada hiden kemudian klik apply. Akan muncul pesan pertanyaan apakah akan diterapkan pada foldernya saja atau termasuk subfolder didalamnya. Silahkan pilik dan klik OK

Cara ini bisa kita gunakan jika virus tidak mengunci folder atau file kita.

2. Dengan menggunakan software utility, seperti antivirus smadav dan software lain yang dapat mengembalikan file-file hiden menjadi unhide.

3. Dengan menggunakan perintah di Command Prompt. Perintah Attrib bisa kita gunakan untuk merubah atribut pada file atau folder kita. Untuk membuat file atau folder kita unhide kita bisa ketikkan perintah attrib –s –h –r  *.* /d /s pada Command Prompt kita.

Keterangan :

I:\ menunjukkan direktori yang akan di ubah atributnya

-s menunjukkan menonaktifkan system file

-h menunjukkan menonaktifkan hiden file

-r menunjukkan menonaktifkan read only

*.* menunjukkan semua file dalam direktori

/s menunjukkan seluruh subfolder dalam folder

Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat fungsi-fungsi perintah diatas pada help attrib.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.