Template Foto 4×6 di Kertas Foto 3R Menggunakan Palet Action Photosop


Ide ini muncul ketika saya mau mencetak foto di salah satu studio foto digital. Umumnya setelah kita berfoto, studio foto memberikan file foto ke kita dalam format digital menggunakan CD. Dalam file tersebut tentunya terdapat foto asli dengan ukuran default kamera yang digunakan. Sehingga jika kita mau mencetak sendiri foto tersebut dengan ukuran 2×3, 3×4, atau 4×6 kita harus mengeditnya agar sesuai dengan kertas foto yang akan kita gunakan untuk mencetak. Kecuali kalau kita mau mencetak di studio foto, kita cukup memberikan file tersebut dan terserah studio foto yang mau mengeditnya sesuai jumlah foto yang kita inginkan.

Bingung bagaimana cara mengeditnya? Usahlah bingung memikirkannya, cukup dengan tool crop diphotoshop kita bisa memotong file foto tersebut dan memindahkannya ke dokumen baru yang berukuran sesuai dengan kertas foto yang akan kita gunakan untuk mencetaknya.
Terus kalau banyak foto yang mau dicetak gimana? Tenang… tenang. Photosop juga menyediakan pallete action yang bisa digunakan untuk membuat record pekerjaan kita seperti meng-croping foto ini. Jadi bisa dibilang ini adalah cara kita membuat template untuk pekerjaan yang banyak tetapi menggunakan langkah kerja yang sama.

Mau tau caranya? Yuk ikutin….
Siapkan file foto yang akan kita cetak. Buka photoshop dan buka file foto yang kita siapkan tersebut ke dalam jendela photoshop. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah meng-crop foto tersebut dengan ukuran yang kita inginkan yaitu 4×6 cm. Atur proprertis tool cropnya, misalnya lebar 4 cm, panjang 6 cm dan resolusi 300 ppi. Supaya tidak repot mengatur properties setiap mau meng-crop fto ukuran 4×6 cm, kita bisa membuat new tool preset dengan properties diatas.

Jadi ketika kita ingin meng-crop dengan ukuran 4×6 cm kita tinggal memilih preset yang telah kita buat tadi.

Kemudian kita crop file foto yang kita miliki dengan posisi yang tepat, seperti foto 4×6 yang biasa dicetak. Kurang lebih seperti gambar dibawah ini dan klik tanda centang. Maka foto ukuran 4×6 cm sudah dibuat.

Baru kita akan beraksi menggunakan palete action untuk merekam langkah-langkah kita dalam membuat foto ukuran 4×6 dikertas foto 3 R (8,9 x 12,7 cm). Caranya kita buat new action di palet action. Apabila palet action ini belum muncul klik menu windowàaction (Alt+F9).

1.       Buat New Set dengan mengeklik create new set di bawah palet action. Beri nama sesuai dengan keinginan misalnya Photo 4×6

2.       Buat action baru dengan mengeklik create new action di bawah palet action. Atur propertiesnya kemudian klik record.

3.       Buka dokumen baru dengan ukuran 3R yaitu lebar 8,9 cm, tinggi 12,7 cm, resolusi sesuaikan dengan resolisi cropping yaitu 300 ppi, mode RGB, background white klik new.

4.       Kembali kedokumen foto yang telah kita crop klik menu selectàall (ctrl+A)

5.       Copy area terseleksi dengan klik menu editàcopy (ctrl+C)

6.       Kembali ke dokumen kertas kosong 3R kemudian klik menu editàpaste (ctrl+V)

7.       Select gambar yang telah dipaste dan geser ke pojok kiri atas dengan menyisakan sedikit area kertas putih.

8.       Duplikat gambar yang terpaste dengan short cut Ctrl+J. Geser gambar ke samping kanan. Llakukan hal yang sama sampai kerta 3R terisi penuh dengan 4 foto ukuran 4×6 cm

9.       Akhiri record dengan klik button stop di bawah palet action. Langkah kita tersebut sudah direkam dalam sebuah folder action Photo 4×6. Sekarang kita tinggal menggunakannya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Kita buka file foto baru yang akan kita cetak, kemudian crop dengan tool prest crop yang telah kita buat tadi. Kamudian centang action yang telah kita buat dan play. Dalam sekejap mata file foto 4×6 dalam kertas foto 3R sudah dibuat dan tinggal disimpan dan di cetak. Selamat mencoba..!

Sebagai referensi jika anda ingin mencetak dalm kertas foto ukuran lainnya. Berikut daftar ukuran kertas foto yang biasanya dipakai di laboratorium foto :

2R = 6 x 9 cm

3R = 8,9 x 12,7 cm

4R = 10,2 x 15,2 cm

5R = 12,7 x 17,8 cm

6R = 15,2 x 20,3 cm

8R = 20,3 x 25,4 cm

8R Plus = 20,3 x 30,5 cm

10R = 25,4 x 30,5 cm

10R Plus = 25,4 x 38,1 cm

Download Tutorial dalam bentuk PDF

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.