Berani Hadapi Tes Kepribadian Perusahaan-perusahaan Besar


Sudah lama juga gak nulis di blog. Bukannya sok kesibukan tapi akhir-akhir kemaren lagi sibuk ikut tes-tes perusahaan diluar kota. Maklum masih pengangguran..! Nah sekarang ane mau bagiin ni pengalaman ane selama ikut tes dibeberapa perusahaan.
Pada dasarnya rekrumen perusahaan itu punya pola yang sama dalam mencari karyawan. Berbagai tahap tes diberikan. Ada yang emang kerja sama dengan lembaga psikologi terapan atau ada juga yang langsung nerjunin tim HRD-nya untuk ngrekrut calon karyawan. Tapi dari beberapa tahapan tes yang pernah ane ikutin ni, semua tahapan hampir-hampir mirip.

Untuk tahapan pertama yang paling sering sering dilakukan adalah tes psikologi atau yang biasa disebut psikotes. Udah tau kana pa itu psikotest ? Kalau belum tau ni ane kasih contohnya (klik disini). Untuk menghadapi soal-soal yang kayak ginian sih gampang. Kebanyakan soal yang diberikan hampir-hampir mirip untuk semua perusahaan. Intinya kamu harus tenang dan konsentrasi ngadepinnya. Jangan sampe grogi atau setres sendiri. Karena soal-soal kayak gini menguji psikologi kita pada kondisi kita ngerjain soal itu, jadi intinya tenang.

Nah, kalo udah lulus tahap ini biasanya ada lagi tes untuk menguji skill kamu sesuai bidang yang kamu lamar. Kalo untuk yang satu ini kayaknya kamu harus bener-bener belajar tentang bidang yang kamu lamar. Ane gak bisa bantu ya.. Kalo kalu lulus juga, salut deh buat kamu. Kamu pasti akan dites lagi. Untuk tes yang satu ini ane kurang tau apalagi yang di tes. Tapi biasanya kamu akan dites kesehatannya. Setiap perusahaan punya standar sendiri-sendiri untuk tes ini, tapi biasanya perusahaan langsung mempercayakan kepada lemabaga kesehatan tertentu. Hmm mudah-mudahan sehat ya.. Terus.. terus… mudah-mudahan bisa masuk ke tahap wawancara dan lulus bekerja..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.