Ngisi Pelatihan Websitenya Nadwah


Sudah lama gak ngampus, akhirnya ke kampus juga. Sepertinya belum banyak yang berubah. Kali ini datang bukan untuk kuliah tapi untuk ngisi pelatihan. Pelatihan website (6 Jam Pasti Bisa) cuy,  keren kan… Pelatihan webnya sih  sebenernya sederhana. Cuma otak atik jomla sampe bisa. Dari instal sampe otak atik modul sama komponen. Terus apanya yang istimewa? He he 😀

Yang bikin istimewa pesertanya antusias banget. Sampe-sampe tutornya gak bisa ngelayanin pertanyaan yang berseliweran disana sini. Bayangkan dengan jumlah peserta yang banyak cuma dilatih sama dua orang saja. Hmmm bener-bener luar biasa. Belum lagi kendala teknis yang terjadi yang mengakibatkan pelatihan tidak berjalan sempurna. Pelatihan 6 jam yang dijadwalkan cuma efektif setengahnya karena kendala instalasi server local (localhost) yang gagal.

Selama beberapa jam kami disibukkan dengan instal ulang xampp yang gagal karena adanya localhost lain yang sudah sejak awal terinstal. Karena memang persiapan yang kurang matang panitia lupa cek apakah komputer yang dipake untuk pelatihan sudah terinstal localhost lain atau belum. Jadinya ya harus uninstal dulu appserv yang awalnya sudah terpasang di komputer. Maklum… komputer publik sih yang digunakan. Ternyata mengisi pelatihan yang sifatnya praktek lebih susah daripada hanya sekdar teori. Staminapun harus dipersiapkan ekstra untuk menyatroni satu-persatu peserta yang bertanya karna tidak paham dan minta diajari. Begitulah perjuang menjadi tutor amatiran. Belum tau teknik untuk menyampaikan materi yang efektif agar cepat ditangkap peserta. Namun dari situlah kami ambil hikmah yang dalam dalam mengisi pelatihan website terutama jika menggunakan komputer umum (warnet ata lab komputer)

  • Pastikan komputer belum terinstal server local/localhost. Jikalau sudah terinstal pastikan kita tau username dan password localhost tersebut. Jika tidak uninstal saja localhost lama dan instal kembali dengan yang baru.
  • Siapkan tutor pendamping (setidaknya 1 orang untuk mencover 5 peserta) agar kita tidak kerepotan dalam menyampaikan penjelasan.
  • Siapkan slide materi yang berbasis praktek dan harus mendemonstrasikan secara live.
  • Siapkan software dan file-file pendukung yang bisa dishare ke peserta.
  • Jangan banyak berbicara masalah teori yang panjang, karena akan membuat peserta menjadi bosan.

Tips-tips diatas hanya beberapa yang didapat dari kami selama mengisi beberapa pelatihan yang berbasis praktek. Dan mungkin sebenarnya masih banyak lagi kendala-kendala lainnya.

Advertisements

2 thoughts on “Ngisi Pelatihan Websitenya Nadwah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.